Senin, 14 Maret 2011

Yang harus dicermati dalam memilih ayam serama

Beberapa hal yang harus dicermati dalam memilih ayam serama antara lain adalah Jengger dan kepala harus seimbang dan proporsional, berwarna merah cerah. Dada membusung, menonjol kedepan sehingga membentuk garis lurus dari kepala, leher menuju dada, seperti membentuk huruf S.

Sayap tengah vertikal 90 derajad dan hampir menyentuh lantai. Kaki lurus sejajar, tidak bengkok, proporsional. Tinggi badan tidak lebih dari 25 cm, lebarnya sesuai. Punggung terlihat pendek, lebih rendah dari kepala dan ekor, sehingga dari samping tampak seperti huruf V.

Yang jelas, ayam serama yang bagus harus tampil elegan> hal ini bisa dilihat dari kemampuan ayam serama dalam mengangkat kepala ke belakang, juga kemampuanya mengangkat dada. Membeli atau memilih serama juga sebaiknya yang diketahui alur darah keturunan/induknya, atau trahnya.

Ayam yang sehat tampak lincah, gesit, warna cerah, nafsu makan bagus. Setelah itu, kita juga harus memilih ayam yang jinak. Hindari ayam yang kurang jinak apalagi ganas. Perhatikan katuranggan tubuhnya, seimbang dan proporsional.