Kamis, 28 Juli 2011

Persiapan sebelum kontes ayam serama

Selain bentuknya yang indah, warna jengger harus terlihat cerah. Beberapa penghobi menggunakan minyak kelapa sawit atau kelapa murni untuk mengkilapkan jengger agar terlihat lebih segar. Caranya oleskan minyak pada seluruh bagian jengger, muka dan telinga. Minyak kelapa murni juga bisa digunakan untuk mengkilapkan warna kaki.

Di malaysia beberapa peternak membuka jasa salon serama. Mereka memberi layanan perbaikan penampilan serama seperti operasi ekor bengkok, penanaman lawi dan pembentukan jengger. Mereka beranggapan kontes serama ibarat kontes kecantikan. Para kontestan didandani agar terlihat cantik. Begitu juga dengan serama. Karena itu berbagai upaya untuk memperbaiki penampilan serama agar tampil cantik dianggap lumrah. Di Indonesia praktek semacam itu masih kontroversial karena mengurangi originalitas kualitas serama.

Ketika mengikuti kontes, para penghobi biassanya menempatkan serama dalam kotak khusus yang terbuat dari tripleks atau papan kayu. Ukurannya lebih ramping ketimbang kandang biasa yakni hanya berukuran 30 cm X 60 cm X 60 cm. Kotak itu hanya muat untuk 1 serama. Kotak sengaja dibuat ramping agar tidak menyita ruang saat pengangkutan. Kotak juga dibuat lebih tertutup agar serama tidak stress dalam perjalanan.

Jika hendak mengikuti kontes yang lokasinya jauh, serama sebaiknya diberi makanan yang banyak mengandung air seperti mentimun atau pepaya. Pasalnya, didalam kotak tidak disediakan tempat minum karena dikhawatirkan tumpah selama perjalanan. Jadi, selain memberikan rasa kenyang, makanan berkadar air tinggi juga bisa menghilangkan rasa haus selama perjalanan.

Beberapa jam sebelum kontes dimulai serama sebaiknya diberi makan dahulu. Jika tampil dalam kondisi lapar, serama bukanya bergaya tetapi malah mematuk-matuk permukaan meja untuk mencari makan. Namun, jangan sampai serama terlalu kenyang karena akan membuat serama malas untuk bergaya akibat kekenyangan.