Kamis, 07 Juli 2011

Melatih ayam serama

Gaya ayam serama yang membusungkan dada dan menarik kepala kebelakang sebetulnya merupakan ekspresi untuk menarik lawan jenis dan konfrontasi terhadap serama lain diluar koloni. Karena itu untuk memancing serama agar mau bergaya bisa dilakukan dengan cara mendekatkan serama betina pasanganya atau jantan lain. Pelatihan itu bisa dilakukan setiap hari saat tengah menjemur serama.

Arena kontes ayam serama hanya meja kecil berukuran 1 m X 1 m. Karena itu saat menjemur sebaiknya letakan serama diatas meja agar terbiasa dengan ruang gerak seluas itu. Hindari memberi makan atau terlalu sering mengumbar di tanah. Kebiassaan itu bisa membuat serama tidak betah diatas meja dan akhirnya loncat turun dari meja. Serama yang turun dari meja saat kontes akan mempengaruhi penilaian juri.

Suara yang bising dan suasana ramai saat kontes dapat mengejutkan serama. Jika tidak terlatih dengan kondisi itu, serama bisa loncat dari meja kontes. Itulah sebabnya mental serama perlu dilatih dengan sesekali memberikan suara bising seperti tepukan tangan dan teriakan saat menjemur ayam serama.