Senin, 18 April 2011

Kandang penangkaran untuk ayam serama

Kandang untuk penangkaran dibuat lebih terbuka.Tujuanya agar sirkulasi udara dan intensitas cahaya matahari juga lebih memadai sehingga betina lebih nyaman saat mengeram. Maklum, saat mengeram biasanya betina menetap dikandang hingga 18-21 hari. Dinding kandang bisa menggunakan bahan ram kawat atau kawat besi agar lebih awet.

Ukuran kandang untuk penangkaran lebih luas ketimbang kandang serama untuk kontes. Pasalnnya dalam 1 kandang biasanya dihuni 1 jantan dan minimal 2 betina. Beberapa penangkar menempatkan hingga 6-8 betina untuk memacu produksi anakan. Untuk indukan sebanyak itu, maka luas kandang minimal berukuran 1,2 m X 2,5 m X 1,7 m.

Selain nyaman, kandang juga harus aman dari ancaman predator seperti kucing dan tikus. Itulah sebabnya kandang sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang terlindung seperti kamar. Dengan begitu serama lebih nyaman karena tidak banyak orang yang lalu lalang yang dapat menyebabkan serama stres. Namun jika tersimpan dalam suatu ruangan, harus dilengkapi lubang ventilasi dan kipas angin agar sirkulasi udara lancar. Beberapa penangkar juga menempatkan kandang diluar ruangan. Mereka menambahkan kerangkeng besi untuk melindungi dari ancaman pencurian.

Jika hendak menangkarkan secara alami, lengkapi kandang dengan tempat untuk bertelur. Tempat bertelur bisa menggunakan berbagai bahan seperti kotak tripleks dan keranjang plastik. Kotak lalu diberi alas jerami atau kain agar sang betina nyaman saat bertelur dan mengeram. Jumlah tempat bertelur disesuaikan dengan jumlah betina.

Pada kandang sebaiknya dilengkapi lampu. selain untuk penerangan, lampu juga sangat penting ketika musim hujan. Ketika itu suhu udara dingin sehingga serama butuh kehangatan. anakan biasanya lebih rentan terhadap udara dingin karena jumlah bulu masih sedikit. Temperatur ideal dalam kandang adalah 32-36 derarad Celcius.